Tip Membuat Lagu Sendiri

By Ade-Diary on 17.32

Filed Under:

Grup band sudah punya, tetapi terasa bosan juga selalu membawakan lagu - lagu yang sudah ada. Kepingin rasanya ngeband dengan membawa lagu ciptaan sendiri biar lebih PEDE. Yuppzz... Memang merasa lebih pede kalau kita membawakan lag - lagu hasilkarya sendiri. Khusus buat kamu - kamu yang ngakunya anak band and kepingin bisa membuat lagu sendiri, nih aku kasih trik -trik yang harus kamu perhatikan sebelum membuat lagu..
1. Buat Pemanasan

Buat pemanasan terlebih dahulu dengan genjrang - genjrenk asal saja beralur. Biarkan dulu suara kita bebas keluar dengan kata- kata yang langsung keluar dari hati kita..

2. Mencari Nada dan menulis Lirik

Selama genjrang - genjrenk berjalan, denga komat- kamit denga kata - kata yang masih bebas. Kita harus dapat mengingat apabila dari genjrang - genjrenk tersebut muncul nada-nada yang menurut kita enak. Samil menulis lirik di selebaran kertas untuk menuangkan ide tau pikiran yang ada di khayalan...


3. Belajar Dari Lagu-Lagu yang Sudah Ada

Cobalah selalu mengulas dan mendengar lagu-lagu orang lain yang lagi booming atau banyak disukai dan sukses di pasaran. Dengan kita mendengarkan lagu-lagu tersebut kita dapat mempelajari dan berusaha mencari nilai lebih dari yang terdapat pada lagu itu, irama menjdi kekuatan lagu tersebut..

4. Mendengarkan Lagu Sendiri Ada Orang Lain

Cobalah mendengarkan lagu-lau kita sama orang awam atau bukan pengamat atau pemain musik. Karena mereka lebih bisa jujur merasakan dan menilai lagu kita menjual atau tidaknya. Ada ang bilang lagu yang cocok untuk kebanyakan orang Indonesia adalah lagu-lagu yang bila dibawain dengan gitar atau kongkow itu enak..

5. Perhatkan Kembali Kekuatan Yang Terdapat Pada Lagu Yang Kita Buat

Jika lagunya dah jadi, simak lagi, apa ada yang kurang pas? Apakah arransemen yang jadi poin utama? Apakah liriknya mudah diingat? Semua itu renungkan kembali dan biarkan keajaiban otak kamu bekerja. Kenapa lagu Peterpan "Ada Apa Dengamu" bisa booming? Semua itulah bahan buat kita agar karya yang d\sedang kita buat bisa eda dari yang sudah ada..

Yang Harus kamu Ingat :

Tidak ada aturan baku dalam menciptakan suatu karya, tapi kita juga harus tahu bahwa ada aturan ada aturan yang kuat dalam belajar ilmu musik.
Lagu merupakan bahasa jiwa yng langsung keluardari hati, jadi masalah disukai pa nggak kita serahkan pada para pendengar musik. Lagu adalah sebuah cerita kehidupan, baik nyata maupun samar. Di dalamnya ada ajakan untuk tertawa, menangis, merenung, atau malah mencelah.

Semoga tip ne berguna untuk kamu.....


Ne Hasil Dari Latihan gw..

Salahkah Aku Mencintaimu

Intro : C D Em D

C D Em

C D Em D

Semakin Lama kubiarkan rasa ini

C D Em D

Makin terasa kau jauh dariku

C D Em D

Ingin kucoba tuk katakan cintaku

C D Em D

Karena tak rela bila kau dengan yang lain..

Choruss

Reff :

C D Em D

Salahkah Bila aku mencin..taimu

C D Em

Tak pantaskah diri nin bersanding denganmu







4 komentar for this post

wah trimakasih bozzzz.....mesti dipraktekkan ni

Posted on Senin, Maret 22, 2010 7:52:00 AM  

Musik itu teori, tapi seni itu kreasi, jadi sebebas mungkin

Posted on Jumat, April 02, 2010 7:23:00 AM  
Anonim

makasih buat sarannya gan
itu penting banget buat gw

Posted on Selasa, September 14, 2010 11:05:00 PM  

kujungin kwan http://fahmi-ariez.blogspot.com/

Posted on Rabu, Februari 22, 2012 9:19:00 PM  

Posting Komentar

My Slide